Langsung ke konten utama

Penyebar Isu Tenaga Kerja Asal Cina Sudah Teridentifikasi

Nasional, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengklaim bahwa penyebar isu masuknya tenaga kerja asing asal Cina ke Indonesia lewat media sosial telah teridentifikasi. "Bukan bisa dicari lagi, tapi sudah teridentifikasi," ujar Rudiantara saat ditanyai awak media di Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Selasa, 27 Desember 2016.

Namun Rudiantara enggan menyampaikan apa langkah konkrit yang akan diambil terhadap penyebar isu tersebut. Ia mengatakan bahwa hal tersebut sudah masuk ke ranah penegak hukum yang dalam hal ini adalah kepolisian.

Rudiantara hanya mengimbau agar pegiat sosial media tidak meniru langkah serupa. Apabila seorang pegiat sosial media ingin mempublikasi perkara atau masalah tertentu, kata dia, sebaiknya diikuti dengan data atau fakta yang benar serta jangan dipolitisasi.

"Presiden Joko Widodo sudah menyatakan imbauan, Menakertrans juga, mbok ya jangan dipolitisir begitu, jangan pakai data atau fakta gak benar. Kalau gak benar, itu namanya pembohongan publik," ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto menyampaikan bahwa proses penyelidikan terkait penyebaran isu tenaga kerja asing masih berlanjut. Koordinasi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi juga dilakukan. "Masih kami telusuri penyebar isunya karena ini dalam lidik," ujarnya mengakhiri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta agar publik tidak percaya begitu saja perihal masuknya puluhan juta tenaga kerja asing asal Cina ke Indonesia. Ia berkata, yang masuk Indonesia hanyalah 21 ribu, itu pun lebih ke arah transfer pengetahuan dan teknologi.

"Tenaga kerja asing keluar masuk karena kita belum siap. Kalau sudah siap, semua pasti pakai tenaga kerja sendiri, pakai putra-putri sendiri," ujar Presiden Jokowi.

ISTMAN MP

Baca juga:
Pembunuhan Pulomas Terungkap karena Sheila, Siapa Dia?
Korban Pembunuhan Sadis Pulomas, RT Pemilik 3 Lamborghini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal AL Cina Tangkap Drone Bawah Laut AL Amerika

Pemerintah Belum Akan Terbitkan Surat Jaminan Pinjaman LRT

Cara membuat screenshot manual