Langsung ke konten utama

Hutan Bakau di Ternate Nyaris Habis

Nasional, Jakarta - Luas hutan bakau di Kota Ternate, Maluku Utara menyusut hingga 90 persen. Pusat Penelitian Biologi dan LIPI menyatakan hutan bakau hanya tersisa di empat lokasi. Luasannya tak lebih dari 100 meter dan ukuran pohonnya berdiameter besar.

Bakau di Ternate yang terancam hilang rata-rata merupakan jenis Sonneratia alba, Rhizophora apiculata, Ipomoea pes-caprae, dan Avicennia marina. Hutan bakau di beberapa kelurahan seperti Sulamadaha, Takome, Mangga dua dan Kalumata memiliki 35 jenis bakau dari 29 marga dan 23 suku.

Kondisi pantai yang langsung berbatasan dengan tebing terjal membuat bakau jenis itu kurang dapat berkembang dengan baik. Padahal hutan bakau kawasan pantai Ternate merupakan daerah “asuhan” (nursery ground), daerah mencari makan, dan daerah pemijahan berbagai jenis biota perairan seperti ikan, udang dan kerang. "Kalau kita lihat dilapangan mungkin luasan hutan mangrove hanya tinggal 5 persen saja," kata tokoh pemuda Kelurahan Gambesi Ikram Sangaji, Selasa, 27 Desember 2016.

Ikram mengatakan nyaris habisnya hutan bakau umumnya lebih banyak akibat reklamasi yang marak di Ternate. Selain itu tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya bakau untuk kehidupan yang masih rendah kian mempercepat proses berkurangnya luasan hutan bakau di Ternate.

Menurut Ikram, di era 90-an, hutan bakau di Ternate banyak dijadikan tempat mencari ikan. Saat itu tak sedikit warga yang menggantungkan hidup di hutan bakau terutama untuk memenuhi kebutuhan kayu bakar dan pasokan ikan. "Sekarang sudah tidak lagi."

Senada dengan Ikram, Muhammad Aditiya, pegiat Kelompok Pencinta Laut Maluku Utara, hutan di Ternate umumnya menjadi habitat ikan, udang dan kerang. Di sejumlah lokasi bahkan masih ditemukan beberapa jenis ikan yang bisa dijadikan modal untuk menarik wisatawan. Namun, kata Adit, jumlah dan luas hutan sudah tidak banyak lagi. “Padahal jika bakau benar-benar dimanfaatkan hasilnya sangat positif."

BUDHY NURGIANTO

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal AL Cina Tangkap Drone Bawah Laut AL Amerika

Pemerintah Belum Akan Terbitkan Surat Jaminan Pinjaman LRT

Cara membuat screenshot manual