Langsung ke konten utama

Debat Kandidat, Ini Visi dan Misi Ahok

Pilkada, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, mengatakan akan mengutamakan pembangunan manusia dalam membangun Ibu Kota. "Visi utama membangun manusia," kata Ahok dalam debat kampanye yang diselenggarakan Kompas TV di Djakarta Theatre, Jakarta, Kamis malam, 15 Desember 2016.

Ahok menuturkan, semua visi harus terukur dengan indeks pembangunan manusia. Saat ini, kata dia, indeks pembangunan manusia di Jakarta, sudah mencapai 78,9 persen. Angka tersebut masih kurang 0,1 persen dari garis rendah indeks pembangunan manusia di negara maju sebesar 80 persen.

Untuk mewujudkan visi tersebut, lanjut Ahok, maka dibutuhkan sebuah misi. Ia menyebutkan, seorang pejabat harus mau menjadi seorang pelayan. Ahok mengaku banyak memecat para pejabat pemerintah DKI, karena banyak yang enggan melayani masyarakat.

Dalam misinya itu, Ahok juga mengungkapkan satu per satu program-program kerjanya. Yang paling utama adalah jaminan kesehatan. Dia berujar, pemerintah akan menjamin kesehatan warga Jakarta, jika mereka mau menjadi peserta jaminan kesehatan kelas III.

Untuk pendidikan, Ahok mengungkapkan sudah menyiapkan Rp 18 juta bagi peserta didik yang kuliah di perguruan tinggi negeri. Kemudian dia juga menyiapkan jaminan perumahan, jaminan transportasi yang murah, dan jaminan sembako.

Adapun strategi yang akan dia lakukan jika terpilih kembali adalah menerapkan transparansi birokrasi. Misal, setiap rapat terbuka untuk publik. Juga data-data pemerintahan dibuka. "Jakarta ini memiliki open data terbesar," ujarnya.

Selain transparansi, Ahok juga akan membuat sistem transaksi keuangan nontunai. Adapun soal pelayanan pada publik dibuat satu pintu. Para lurah juga diharapkan berperan sebagai real estate manager dan orang tua asuh bagi masyarakat.

Strategi berikutnya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Ahok juga akan membuat Kartu Jakarta One seperti Visa dan Master. Sehingga pemerintah dapat menelusuri hobi masyarakat untuk meningkatkan pelayanan. "Strategi kebijakan, Jakarta akan jadi lebih baik dan sejajar dengan kota-kota maju lainnya," kata dia.

FRISKI RIANA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal AL Cina Tangkap Drone Bawah Laut AL Amerika

Pemerintah Belum Akan Terbitkan Surat Jaminan Pinjaman LRT

Cara membuat screenshot manual